Interview Pramugari Emirates



Hi, semuanya..
Sudah lama banget aku ngga nulis di blog aku ini.
Kali ini aku akan membahas topik yanh sering ditanya ke aku, karena profesi aku ditahun 2014-2017 yang berkiprah menjadi Pramugari di maskapai yang home-based nya adalah Dubai, yaitu Emirates Airlines.

Tulisan jurnal aku tentang tahapan-tahapan interviewnya dulu aku tulis di tahun 2014. Ingin mempublikasikan tulisan ini tapi aku selalu nervous, dan belum sepercaya diri seperti sekarang yang sudah bolak-balik bikin video di Instagram dan Youtube.

Tapi aku nggak mau ilmu yang aku dapat dari pengalaman aku ini cuma aku save di laptop aku aja, aku suka sharing hal-hal yang berguna dan berfaedah hehe, dan mengingat gimana dulu perjuangan aku dulu untuk meraih cita-cita aku ini, rasanya wajib banget aku share journal aku ini supaya bisa memberi gambaran dan inspirasi buat kalian yang juga mau menekuni profesi Pramugari/ Pramugara.


Oke, mari kita mulai cerita aku dulu ikut Interview Emirates.
Sebelum mendapat panggilan Emirates aku mendapat panggilan interview dari Etihad, namun lokasi interviewnya di Abu Dhabi. Lokasinya tidak memungkinkan banget buat aku untuk interview karena terlalu jauh.
Sempat sedih, tapi ternyata Emirates buka Assessment Day (invitation only) di Jakarta, tanpa pikir panjang akupun langsung apply via website Emiratescareer.com


Lalu Email yang dinantikan pun tiba bahwa aku termasuk short-listed candidate yang bisa ikut Assessment Day di Jakarta, 29 Maret 2014. Senang? Bukan main! 🥰


29 Maret 2014.
ASSESSMENT DAY
--------------------------
Di dalam sebuah ballroom, telah menunggu seorang interviewer dari negara asimg / bukan orang Indonesia.
Interview berlangsung oleh 1 orang Recruitment Officer (RO) yang cantiiiikkkk banget, ramah, dan tegas.

Jumlah peserta Tahap awal: +/- 100org
- Pertama kali masuk kita diminta mengisi bangku kosong. (saran, isilah bangku yang paling depan terlebih dahulu. Jadi kalau interview kebagian yang paling awal. Tidak harus nunggu lama.)
- Kemudian mereka memasang video Emirates, tentang Dubai. Disini rasanya semakin tambah pengen banget bisa join Emirates.
- Sambil berlangsungnya video kita diminta maju satu persatu memberikan CV kita kepada RO. Dia bertanya sedikit tentang kita, disini WAJIB untuk SENYUM dan say Thank You, sebelum kembali ke tempat duduk. Lalu kita diberikan nomor urut ditempelkan di baju untuk semacam Name Tag kita.
- Setelah memberikan CV kita diminta menunggu diluar dulu. Kemudian kita diminta menunjukan email invitation dari EK untuk AD ini. Kalau tidak ada emailnya, mereka tidak akan menerima kita untuk proses berikutnya.
- Kemudian, sesuai nomor urut tadi kita dibagi jadi 4 group


GROUP DICUSSION
per-group +/- 25orang
Kita diminta membuat lingkaran. Dan diberikan kartu tentang sebuah benda. Saat kita diskusi berkelompok, RO memanggil kita untuk Arm Reach Test dan mini interview tentang diri kita. Disini dia nanya ke aku "Why do you want to be cabin crew?" Me: "Because this is my dream job, my passion, and i know im posses good quality to be a good cabin crew (smile)" hehe.Lalu duduk lagi dibangku.
Aku & teman ku Fita kebagian kartu dengan gambar "Orchid" nah kita diminta memberikan ide kreatif kita apa aja sih yang bisa kita buat dari orchid? Sesuatu yang belum pernah ada, sekreatif mungkin. Dan sebelum aku menjawab aku bilang "Hi, Morning everyone My name is ayunda. Me & fita came up with this idea... bla.. bla, Thank you". Jangan pernah mendominasi, ajak partner kamu sebagai bagian dari team kamu, jangan pernah memotong omongan temanmu. SENYUM  [:D]

(kemudian menunggu 30-45 Menit, menunggu group 1-4 semuanya selesai.
pembagian hasil, hanya 21 orang yang berlanjut ke tahap selanjutnya)


ENGLISH TEST
----------------------
Semua test adalah pilihan ganda. Dari mencocokan persamaan, jawaban berdasarkan cerita paragraf, gramar, dll. Beberapa ada yang menilai test ini sulit, beberapa bilang ini sangat mudah. Jadi ya... :D

(kemudian menunggu 30-45 Menit, pembagian hasil, hanya +/-18 orang yang berlanjut ke tahap selanjutnya)


ROLE PLAY
----------------
Disini RO akan kembali memberikan kartu, isinya contoh kasus.
Seperti; "Bagaimana jika kalian menjadi Manager Hotel bintang 5, dan ada banyak customer yang booking kamar via online, tetapi kamar yang dibooking error karena kesalahan webstie. Ada 2 kamar kosong, tapi ada 8 tamu dengan latar belakang berbeda yang juga membutuhkan kamar itu?"
RO minta kita mendiskusikan as a group. Speak up ya disini. Tapi ingat jangan mendominasi, jangan terlalu panjang, singkat padat, jelas, dan "Im agree with you. And maybe we could try to.. bla..bla" Bawa nama team, angkat juga pendapat temanmu, tetapi juga berikan tambahan ide / jawaban mu juga sebagai pendukung.

(kemudian menunggu 50-60 Menit, pembagian hasil, hanya +/-12 orang yang berlanjut ke tahap selanjutnya)

Setelah proses menunggu yang melelahkan, pertanyaan yang memutar otak, akhirnya 12 orang yang terus ke Final Interview. Termasuk aku! Happy!!

Lalu RO memberikan short-brief buat kita untuk mengisi form tentang, scars, tattoo, dan membooking waktu Final Interview perorangan di tanggal 30/31 Maret,
pick your best date & time.

Setelah selesai saat sampai rumah kamu punya waktu sampai jam 12 mlm untuk menyelesaikan psikotes via online yang link nya dikirim by email dari mereka ke email pribadi.



30 Maret 2014
FINAL INTERVIEW
--------------------------
Jadwal interview aku 30 Maret - 10am,
first person to be exact.
Interview ini jauh lebih casual. Seperti ngobrol santai aja seputar pengalaman kerja kamu.
Pertanyaan seputar:
- Pengalaman kamu dengan best customer service?
- Kapan kamu merasa marah diwaktu kerja?
- Mengapa kamu pindah karir dari jadi Graphic Designer jadi Pramugari?
- Apakah kamu pernah kerja dengan orang luar negri?

*pertanyaan ini sebaiknya dijawab super spesifik. benar-benar
kapan itu terjadi, bagaimana perasaan kamu saat itu terjadi, solusi untuk masalah itu, hasil dari solusi yang kamu berikan apa?

SMILE SMILE SMILE! Harus.  [:D]

Dari semua tahapan itu selama dua hari, akhirnya tiba saatnya menunggu "Golden Call" dari +971 (Emirates Head Quarter) yang akan menghubungi kamu kalau kamu diterima. Aku sendiri menunggu
selama 1 bulan sampai Golden Call aku terima. Sumpah, nangis bahagia banget aku dulu. Nggak percaya dari segitu banyak orang yang ikutan yang keterima cuma 6 orang dan aku salah satunya. ALHAMDULILLAH..


Oke.. sekian sharing dari aku semoga ini semua bisa bermanfaat buat teman-teman semua.. Kalau ada yang mau ditanyakan jangan ragu untuk
DM ke Instagram aku: @yundafitriasa

Welcome to Cabin Crew Class Education Preparation Platform for Future Cabin Crew



Oh iya, cek juga ya video aku tentang Interview ini..

Emirates Cabin Crew Interview (English)



Interview Pramugari Emirates (Bahasa)




goodluck, cheers!

Komentar

Postingan Populer