POPBELA x LUSTERLAB




Pada hari Selasa, 26 Februari 2019, aku menghadiri event dengan tema, "Knowing Your Skincare & Haircare Ingredients". Acara ini berlokasi di Main Atrium - Plaza Indonesia, Jakarta. Dalam acara ini juga terdapat sesi QnA atau tanya jawab, bersama Sandra Natalia (Director of Revitalash Indonesia) dan Hana Edina (Marketing Manager of The Bath Box). 

 



Beberapa point yang aku bisa ambil dari acara hari ini adalah;



- Revitalash menggunakan ingredients utama yaitu Biotin & Kolagen. Ingredients utama ini dapat menjaga kesehatan rambut, alis serta bulu mata.
- Sandra Natalia menjelaskan perbedaan antara maskara Waterproof dan Water Resistant. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, ternyata Waterproof Mascara lebih harmful untuk bulumata kita, kandungan kimia yang terdapat dalam maskara waterproof lebih strong sehingga membuat kita juga sulit menghapus maskara saat ingin membersihkan make-up, dan berkemungkinan untuk membuat bulu mata rontok. Sedangkan maskara water resistant kandungannya lebih gentle, meskipun daya ketahanannya tidak sekuat maskara waterproof.




  • Membersihkan wajah, adalah tahapan yang sangat penting, agar saat menggunakan produk skincare, produk akan lebih mudah meresap kedalam kulit. 
  • Memilih skincare yang tepat tidak luput dari memahami dan menentukan tipe dan jenis kulit kita, agar skincare yang digunakan benar-benar pas dan sesuai kebutuhan kulit. 
*Contoh:
 ▪ Kulit Dehidrasi: Kulit yang kekurangan kandungan air, sehingga solusi yang paling tepat adalah skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid. Selain itu, skincare dengan kandungan Squalane juga sangat bagus untuk kulit dehidrasi dan kering. The Bath Box sendiri menggunakan kandungan Squalane yang paling aman untuk kulit, yaitu Pure Squalane yang menggunakan tebu). 
 ▪ Kulit Berjerawat & Kulit Sensitif: Untuk tipe kulit ini, disarankan menggunakan Physical Exfoliator yang gentle, dengan hanya mengusap kulit dengan lembut, perlahan dan menghindari menggosok kulit terlalu kuat. 
 ▪ Kulit Berminyak: Untuk kulit berminyak sebaiknya memilih produk dengan kandungan Roseship Oil, seperti yang terdapat pada produk The Bath Box yang mengandung Lionelic Acid. 


  • Berikutnya, hal yang tidak kalah penting juga, kita jangan sampai lupa untuk memperhatikan expiry date dari skincare yang kita gunakan. Ini sangat penting karena efek menggunakan produk yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan kerusakan kulit. 
  • Untuk melihat masa kerja skincare sebaiknya menunggu result-nya setelah pemakaian produk selama 4-6 minggu, agar dapat melihat efektifitas dari produk tersebut di kulit kita. 
  • Tidak disarankan mencampurkan kandungan Vitamin C dengan exfoliating properties seperti AHA & BHA. 
  • Cara untuk menjaga kulit dan rambut adalah dengan banyak mengkonsumsi protein dan banyak minum air putih. 


Ingredients berbahaya: 
 ▪ Alkohol: Tidak semua kandungan alkohol berbahaya bagi kulit, hasil fermentasi tanaman pun dapat menghasilkan alkohol namun baik untuk kulit 
 ▪ Paraben: Kandungan skincare yang mengandung paraben memang tidak terlalu disarankan, namun untuk menentukan kadar resiko dari paraben sendiri masih dilakukan research atau pencarian lebih lanjut soal ingredients ini.
 ▪ SLS: Sodium Lauryl Sulfate, ini adalah ingredients yang terdapat dihampir setiap produk sehari-hari yang kita gunakan. Meskipun aku sering dengan ingredients ini bisa menjadi pemicu kanker, namun belum ada kepastian soal ini. Menurut Hana Edina, sebaiknya sebisa mungkin mengganti produk sehari-hari kita menjadi produk yang berbahan dasar aman, natural dan menghindari SLS sebisa mungkin. Terutama jika mempunyai kulit sensitif, sangat disarankan untuk tidak menggunakan produk dengan kandungan SLS karena ini akan memicu iritasi pada kulit kita. Based on my own experience ya, anak aku sangat-sangat sensitif kulitnya, aku bisa lihat selama dia pakai sabun mandi yang bertuliskan "SLS FREE" kulitnya tidak mudah iritasi seperti dulu. Glad to know, which ingredients my son's have to avoid because i've been tried many body wash for kids for him. Finally i found "THE ONE" :p
 ▪ Steroid dan Merkuri: termasuk ingredients yang bisa berbahaya dan dapat merusak kulit, kecuali diberikan dengan takaran yang tepat dan diizinkan oleh dokter.



PopBela x Lusterlab Community

The Winners
Goodie Bag

Komentar

Postingan Populer