Survey Playgroup/TK Jakarta Timur



Halo para mamaibunda.
Aku baru saja memulai posting blog lagi setelah sekian lama. Kali ini memasuki fase baru, yaitu pencarian sekolah untuk anak. Nggak bisa dipungkiri bisa dibilang waktu sehari-hari habis buat cari perbandingan sekolah-sekolah Playgroup/ TK yang sesuai dengan visi dan misi aku dan suami untuk anak kami. Yang bisa jadi referensi untuk cari informasi tentang sekolah yang bagus, aku sendiri selalu mengandalkan review sesama mamaibunda blogger. Berangkat dari itu, akhirnya aku memutuskan untuk berbagi informasi kepada sesama para mamaibunda, supaya sama-sama dapat gambaran.

Oke aku mulai ya review dari beberapa Playgroup / TK yang aku datangi beserta rincian biayanya (penting banget ya ini, BIAYA. hehe)

1. TK Nabawi School Rawamangun
- Pangkal : 13.500.000 (sekali bayar saja)
- Kegiatan : 3.500.000
-ATK : 500.000
- Seragam : 1.000.000
- SPP :1.200.000/bulan
- Formulir pendaftaran : 550.000
- Waktu belajar :  Senin s/d kamis 07.45-11.50 dan untuk jumat pulang lebih cepat 07.45-11.00

* Review:
Sekolahnya tidak luas tapi kerapihan dan kebersihannya juara banget, keamanan bagus ada satpam dan CCTV, dan hanya penjemput dengan kartu akses yang bisa jemput anak murid. Full AC, bahasa pengantar bahasa inggris. Karena sekolah islam anak perempuan seragamnya pakai hijab dan ortu saat masuk ke lingkungan sekolah harus memakai hijab dan jika tidak bawa akan dipinjamkan.TK Nabawi menargetkan anak didiknya akan lulus dengan bekal hafalan Juz30. 


2. TK Islam Bunga Amalia 
- Pangkal TK : 10.250.000 (pertahun) - SPP : 650.000/bulan
- Pangkal PG :   7.500.000 (pertahun) - SPP : 500.000/bulan
- Biaya sudah termasuk: Uang gedung, Sarana &prasarana, Dana kegiatan & Ekstrakulikuler (kecuali Drum band), Seragam sekolah, Buku Paket, Keterampilan lengkap, Stoudy tour, Outing class, Pemeriksaan kesehatan, Menu sehat perbulan

- Waktu belajar :
  • TK Senin s/d jumat  08.00-11.00
  • PG Senin s/d jumat  08.00-10.30

* Review:
Sekolahnya cukup besar, 3 tingkat, ada lab computer, ada fasilitas kolam renang dilantai 3, playground untuk adik-adik PG dan kakak-kakak TK dipisah.ada fasilitas jemputan dan untuk biaya tergantung lokasi tempat tinggal. Hasil ngobrol sama bagian pendaftaran uang pangkal bisa dicicil. Ekstrakulikuler Drum Band sudah banyak meraih prestasi. Bangunan sendiri menurut aku agak tua, bukan bangunan baru, playground ada mandi bolanya ini menurut saya sendiri kurang suka, kecuali kebersihan tempat mandi bolanya benar-benar terawat ya.


3. Kids Republic
- Pangkal : 9.500.000 (sekali bayar saja)
- Kegiatan : 3.850.000
- Seragam : 1.025.000
- SPP :1.700.000/bulan (pembayaran spp ada pilihan monthly/termly/yearly)
- Waktu belajar :  Senin s/d kamis

 * Review:
Sekolah yang dari pertama kali datang langsung bikin jatuh hati. Bahasa pengantar full bahasa inggris. Ada eksul yang sudah termasuk dalam biaya tanpa biaya tambahan, ada beberapa eksul yang perlu bayar ekstra jika tertarik untuk ikut. Playground bersih dan di outdoor ini penting banget karna anak bisa main sambil terkena cahaya matahari. Keamanan juga OK sekali ya, ada security staff di pintu masuk, CCTV di tiap kelas yang bisa kita lihat dari layar yang ada di ruang tunggu ortu. Fasilitas kolam renang, ada area taman kecil yang terdapat kandang ayam & kelinci. Penataan ruang juga benar-benar bagus. Overall jatuh cinta lah pokoknya sama sekolah ini. Ruang parkir juga besar. Plus untuk moms yang mau perawatan ada salon Moms n Jo di area sekolah, hehe.



4. Tunas Wiratama 
- Pangkal : 4.900.000/pertahun (bisa dicicil 3x)
- Kegiatan : 275.000/perkegiatan
- Seragam : 390.000
- SPP : 490.000/bulan
- Waktu belajar :
  • KB (kelompok bermain) Senin s/d jumat 08.00-10.30
  • TK (kelompok bermain) Senin s/d Kamis 08.00-11.30, Jumat 08.00-11.00
* Review
Sekolah ini punya playground yang banyak kena sinar matahari, ada kolam ikan, kelas kakak TK tanpa AC dan hanyak untuk adik-adik KB kelasnya pakai AC. Penekanan pendidikannya adalah membuat anak percaya diri tanpa rasa takut. Bebas eksplorasi. Bahasa yang diajarkan adalah Bahasa Indonesia, bahasa ibu yang menurut saya penting untuk seorang anak fasih bahasa ibu mereka sebelum fasih bahasa lain (bahasa kedua). Karena anak kami dulu sempat tinggal dan sekolah di luar Indonesia, poin ini penting sekali untuk aku dan suami. Kelas di sekolah ini tanpa meja dan kursi. Lebih banyak kegiatan praktik, aktifitas, kreatifitas. Ini yang menurut aku penting sekali. Karena aku dan suami sepakat ingin anak kami lebih banyak eksplorasi, membuat kesalahan tanpa takut salah, banyak bermain sedikit belajar. Karena bagi kami, usia anak kami adalah usia emas untuk mereka mencari tahu. Kakak Guru juga terlihat sangat akrab dengan para anak didiknya. Pertama kali anak kami ikut trial, dia langsung minta ke sekolah lagi besoknya, dan sedih banget pas tau hari itu sekolah libur.



Komentar

  1. Ya allh mksh bgt bunda.. Benr2 membantu bgt.. Btw bunda akhrnya pilh yg mna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Bunda. Maaf sekali aku baru jawab komentarnya. Akhirnya aku memilih Tunas Wiratama, tapi hanya untuk Playgroup saja waktu itu. Tetapi dalam perjalanannya kami memutuskan utk tidak meneruskan di sekolah tersebut. Karena jarak sekolah yang terlalu jauh dari rumah dan akhirnya sepakat memilih TK yang lainnya. Semoga secepatnya aku bisa buat review soal sekolah pilihan beriktnya 💕 Goodluck Bunda dalam pencarian sekolahnya 😊

      Hapus
  2. Bunda @ayunda anaknya namanya siapa ?. Anakku juga masuk tunas wiratama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda. Anak aku hanya masuk KB beberapa bulan saja. Lalu aku tidak lanjutkan karena terlalu jauh jarak dari rumah. Jadi aku stop KB. Menunggu sampai tahun ajaran baru mulai lalu aku masukan lsg ke TK dekat rumah. Alhamdulillah lebih semangat sekolah kalau gak jauh dari rumah heehe..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer